Wednesday, September 1, 2010

Sebuah Gurun Pasir Baru Bernama CIKARANG

Di hari kamis minggu kemarin, saya sempat mendapatkan panggilan wawancara kerja di salah satu perusahaan yang berlokasi di kawasan industri EJIP (East Jakarta Industrial Park) Cikarang. Berangkat dari rumah di Kebon Jati Sukabumi jam setengah empat shubuh, dengan sahur terlebih dahulu di rumah.


Perjalanan saya awali dari Sukabumi ke Bogor dengan naik perjalanan adrenalin tinggi khas angkutan Colt Bogor-Sukabumi. Saya pun tiba di terminal Baranangsiang Bogor sekitar jam 05.15. 


Perjalanan saya lanjutkan dengan menaiki Bus Agro Mas (atau Argo Mas ya, lupa...) jurusan Bogor-Cikarang. Ini pertama kalinya saya naik jurusan ini. Saya baru tahu, kalau bis jurusan ini singgah dulu di Pasar Rebo lewat ORR (Outer Ring Road) Pondok Indah, untuk kemudian masuk ke Tol ORR Cikunir. Kemudian sempat singgah pula di Toll rest area di sekitar daerah bekasi. Lalu bis ini keluar di pintu tol Cibitung, dan menyusuri jalan raya Cibitung - Cikarang. Di sini saya sempat mengalami kemacetan sekitar setengah jam gara-gara lampu lampu lintas mati. Sambil diselingi macet-macet kecil akibat angkot yang bandel. Nah, akhirnya sampailah saya di terminal Cikarang.


Waktu itu menunjukkan sekitar jam 8 pagi. Udaranya masih gak begitu panas. Anget-anget teh manis gitu lah...hehehe. Dari terminal Cikarang, saya lanjutkan naik angkot Cikarang-Cibarusah yang no. K-17. Rutenya muter-muter, lewat U-turn berkali-kali. Saya turun di perempatan EJIP Cikarang, lalu dilanjutkan dengan ojek 5 ribu rupiah. Tibalah saya di tempat tujuan sekitar jam 9 dengan suhu udara yang mulai panas, sepanas monitor CRT nyala 3 jam-an. Di pabrik dan kantor perusahaan pembuat alat listrik itu saya berada sampai jam 12 siang.


Ketika keluar untuk pulang, saya putuskan tidak naik ojek dan menyusuri jalanan kompleks industri, saya merasakan panasnya matahari yang sangat menyengat. Panas sekali. Apalagi saat itu bulan puasa, dan saya memutuskan untuk berjalan kaki sampai perempatan EJIP Cikarang. Lumayan jauh sih, sekitar 1,5 KM! ha ha ha ha... nekad juga ya? he he he...


Syukurnya, jalan-jalan nekadnya gak sampe perempatan EJIP Cikarang, tapi sampai U-turn dimana angkot K-17 sedang mangkal di situ menunggu penumpang. Sepanjang perjalanan ke terminal Cikarang, dalam hati saya sedikit menyesali "kenapa tadi gak naek ojek ya...abisnya sayang sih ongkos 5 ribu buat naik ojek"....ha ha ha. Selain itu pula, saya coba menganalisa kenapa Cikarang Sebegitu panasnya.


Analisa saya adalah di Cikarang ini sangat JARANG SEKALI yang namanya POHON-POHON besar! Ya, Cikarang tak ubahnya kayak gurun pasir di arab sana. Panas, sedikit pohon-pohonan, dan suasana orang-orangnya juga panasan. Coba aja ya, dibanyakin ditanamin pohon-pohon, mungkin situasinya gak bakal sepanas yang dirasakan saat itu.
Di perjalanan pulang ke sukabumi, saya sangat menderita sekali. Menempuh jarak kurang lebih 100 KM dengan mencoba bertahan dari batalnya puasa. Syukur alhamdulillah, saya tiba di sukabumi jam 5 sore, dengan tubuh capek menunggu jarum jam menunjukkan jam 17.57.  Lemessss euy...


Oh ya, hasil wawancara alhamdulillah sukses. Saya mulai resmi jadi "alien" di Cikarang mulai 1 Oktober nanti. Dan saya pun lagi nyari lokasi kost-an yang suasananya adem dan tidak terlalu panas. kalo bisa sih deket ke mesjid. Ada usul? Ada informasi? komen di bawah ya... 

4 comments:

Anonymous said...

Bro mahluk baru juga di cikarang ya? Aku juga sama nih, kalo udah dapet kost minta recomend dong... minta nope juga buat tambah2 temen disana. thx

Belly SUrya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

Asep Suhendi said...

numpang sukses kang :
http://www.awsurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=linmint1

redy said...

selamat bro..sukses kerjanya...